Umpan Pancing

July 26, 2012

Umpan Pancing

 

Umpan pancing itu sangat beragam, sekali lagi tergantung model mancingnya, lokasi, target ikan dan peralatan yang digunakan.

 

  1. Umpan pelet
    nah ini nih umpan mancing paling universal. Mulai dari ikan mas, bawal, patin, mujair, tawes dan ikan air tawar dan payau pada umumnya bisa dipancing dengan umpan ini.

     

    Umpan Pelet Bulat Umpan Pelet Bubuk

    Kedua gambar diatas menunjukkan pelet dalam bentuk yang berbeda. Yang sebelah kiri merupakan pelet bulat. Selain bulat juga ada yang lonjong. Yang sebelah kanan menunjukkan pelet bubuk yang tinggal diseduh, tidak perlu capek meremas remas agar bisa dikepalkan pada kail.

    Kedua bentuk pelet beragam mereknya. Dimana pelet non bubuk pada awalnya cenderung digunakan untuk kebutuhan ternak namun seiring perkembangan jaman dan kualitas pelet tersebut maka hari hari ini pelet non bubuk juga jamak digunakan untuk memancing.

    Umumnya kedua pelet dibuat dari tepung ikan, tulang ayam, limbah ayam mati, hormon pertumbuhan dan bahan bahan lainnya yang ditakar dan diukur dengan tepat agar kandungan protein, lemak dan kalsiumnya sesuai kebutuhan.

    Pelet bisa ditambahkan kroto, keju, essence, sarden dan bahan bahan lainnya sesuai selera, kepercayaan dan kebiasaan para pemancing.

     

  2. Umpan Roti, tahu, tempe, nasi dan bahan bahan pangan lainnya
    Umpan ini awalnya digunakan karena umpan utama berbentuk pelet habis atau karena keingintahuan sang pemancing untuk mencoba.

    Setelah dicoba ternyata berhasil maka umpan ini jamak digunakan untuk memancing ikan tertentu yang sudah dikenal jitu dengan umpan jenis ini

    Sebut saja bawal yang bisa dipancing menggunakan roti, tahu dan tempe. Lalu ikan patin dan ikan mas yang mudah dipancing menggunakan roti.

     

  3. Umpan hidup
    Umpan hidup yang bisa digunakan sangat beragam. Mulai dari jangkrik, anak kodok, anak ikan mas, tongkol hidup, udang hidup kembung selar dan ikan ikan lainnya.

     

    Targetnya adalah ikan dasar dan ikan predator. Mulai dari ikan gabus, lele, bawal, gurame, tenggiri, baracuda, tuna hingga ikan layaran dan marlin bisa dipancing menggunakan umpan hidup.

     

    Umpan Ikan Wader Umpan Udang Umpan Hidup

    Dengan rangkaian, peralatan dan ukuran benang yang tepat, memancing dengan umpan hidup memilki potensi strike yang sangat baik.

     

  4. Umpan mati
    Targetnya sama dengan umpan mati. Namun tehnik ini bisa digunakan untuk tehnik seret (trolling) dengan umpan tongkol mati. Atau cumi mati yang dikoncer untuk mengejar ikan predator juga.

    gambar di bawah ini menunjukkan pembuatan rangkaian umpan mati untuk tehnik trolling.

     

    Umpan Mati

    Kadang umpan mati juga bisa berupa ati sapi, ati kambing, potongan ikan dan lainnya.. cenderung untuk dasaran tapinya, bukan trolling.

     

  5. Umpan Buatan / artifisial
    Bentuk, bahan dan namanya bervariasi. Mulai dari popper, minnow, lure, inchiku, capella (squid jig), metal jig dan lainnya.

    Beberapa dibuat spesifik untuk meniru ikan mati. Namun ada juga yang didesain untuk membuat suara keras dan kencang dan ikan terganggu. Apabila ikan terganggu maka sang ikan akan menggigit untuk membunuh, bukan makan.

    Saya akan berikan gambar semuanya. Silahkan dinikmati

     

Umpan Propper Umpan Lure
Gambar kiri adalah popper. Gambar kanan adalah lure.

Umpan Winnow Umpan Capella (Squid Jig)

 

Gambar kiri atas adalah Minnow dan sebelah kanan adalah Capella (Squid jig)
Umpan Buatan Umpan Artifisial

Sebenarnya, umpan pancing inchiku dan metal jig itu sama sama dari timah yang dicetak.. hanya beda sedikit di tehnik dan target ikan. Inchiku cenderung untuk ikan dasar dan metal jig untuk ikan predator.

 

Comments are closed.